Kamis, 07 Agustus 2014

Mahasiswa Aneh (Warkop Angat-angat T*i Ayam)

Mahasiswa Aneh (Warkop Angat-angat T*i Ayam)

Kehidupan mahasiswa di tahun 2000an saat ini sangat erat hubungannya dengan kewirausahaan. setiap mahasiswa mencari ide untuk dijadikan sebuah usaha. Usaha yang dilakukan para mahasiswa ini ada yang bergerak dibidangnya dan ada pula yang sangat jauh dari bidangnya. Misalnya mahasiswa pertanian bergerak dibidang pertanian, mahasiswa teknologi bergerak di bidang barang-barang elektronik dan lain sebagainya. saya punya cerita tentang mahasiswa yang bergerak di luar bidang keahliannya.

Di sebuah universitas ada sekelompok mahasiswa yang biasa dengan kehidupan Warung Kopi (warkop). Setiap malanya menghabiskan waktu dengan teman-teman ngobrol di warkop. yah walaupun di warkop cuma pesan Es teh ataupun kopi segelas. Di warkop inilah mahasiswa ini ngobrol sana sini dari yang bener sampai yang agak menyimpang sedikit. pada suatu ketika mahasiswa ini melihat keadaan warkop yang begitu ramai dengan pengunjung membuat mereka terpikirkan sesuatu yang dapat dijadikan sebagai usaha. setelah ngobrol begitu lama beberapa mahasiswa ini membuat keputusan untuk membuat warkop juga yang bisa dijadikan tempat ngumpul dan bisa menambah penghasilan. Setelah itu mahasiswa ini akhirnya membuat warkop yang bernama "Pohon".

Setelah beberapa lama mahasiswa ini akhirnya mendapatkan tempat yang cukup bagus untuk dijadikan warkop walaupun dengan harga yang cukup mahal. Setelah dapat tempat mereka langsung membeli peralatan untuk kelengkapan warkop tersebut. lama kelamaan akhirnya warkop itupun buka. Setelah warkopnya buka mereka bingung untuk mencari orang yang kerja di warkopnya. akhirnya sebelum dapat tenaga kerja mereka sendiri yang melayani para pembeli mulai membuat mie rebus, mie goreng, roti bakar, pisang bakar, kopi dan minuman lainnya. setelah melakukan itu semua akhirnya mereka semua dapat membuat semua makanan dan minuman warkop itu dengan baik. Dan tidak berapa lama mereka mendapatkan tenaga kerja. Akan tetapi tidak berapa lama tenaga kerja ini kurang begitu semngat sampai akhirnya dia mengundurkan diri.

Setelah itu mereka mencari pengganti tenaga kerja dan akhirnya dapat tenaga kerja yang bagus dan rajin. setelah beberapa lama warkop mulai ramai dan dikenal banyak orang. Para mahasiswa yang membuat warkop inipun sering nongkrong di warkop "pohon". Tetapi masalah di warkop pun tidak selesai hanya dengan adanya tenaga kerja yang ada. timbul masalah baru yaitu sudah mulai terjadi perpecahan diantara teman-teman yang mendirikan warkop "pohon". Terjadinya perpecahan ini karena tidak konsistennya mereka dengan apa yang telah mereka sepakati dan sudah mulai merasa bosan. Mereka yang dulunya rajin kumpul di warkop mulai berangsur-angsur malas ke warkop. makin lama akhirnya warkop itupun tinggal nama.

Dari cerita warkop angat-angat T*i Ayam tersebut saya sarankan bagi mahasiswa yang ingin membuat usaha dan berwirausaha itu harus membuat perencanaan yang matang tidak boleh segala sesuatunya harus menyesuaikan atau istilahnya liat nanti. Karena kalau segala sesuatunya tidak direncanakan dengan baik semuanya akan kurang baik dan terkadang rencana yang sudah baik saja belum tentu menjamin semua rencana akan berjalan dengan baik. selain itu, walaupun berwirausaha dengan teman kita harus bersikap profesional agar semuanya berjalan dengan baik. Dalam membuat usaha dengan teman juga kita harus komitmen dengan apa yang telah disepakati agar semua yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Menurut saya yang paling penting itu adalah kita jangan membuat suatu usaha itu dengan teman tetapi dengan berwirausaha itu kita berteman. sekeian cerita Mahasiswa Aneh. nantikan cerita mahasiswa aneh lainnya.   

0 Responses to “Mahasiswa Aneh (Warkop Angat-angat T*i Ayam)”

Posting Komentar